


Last Updated on Tuesday, 31 August 2010 18:30
Wednesday, 27 August 2008 21:39
JAKARTA, 21 Agustus 2008 Setelah sukses meluncurkan
buku-buku bestseller, seperti The Toyota Way, The Toyota Way Fieldbook,The Disney Way, dan The Starbucks Experience, ESENSI salah
satu divisi penerbitan dari Penerbit Erlangga kembali meluncurkan sebuah buku,
yang mengupas jatuh bangunnya perusahaan paling inovatif di dunia: THE
APPLE WAY.
The Apple Way
mengajak para pembacanya menyelami sejarah Apple Computer secara mendalam,
mulai dari peluncuran Apple I, Apple II, Lisa hingga peluncuran Macintosh,
PowerBook, dan iPod. Buku ini menjelaskan bagaimana Apple sempat berjaya, jatuh
terpuruk, kemudian bangkit kembali dan meraih kesuksesan yang jauh lebih besar
dari sebelumnya. Dari kisah-kisah nyata yang terangkum di dalamnya, terdapat 12
pelajaran manajemen yang dikelompokkan menjadi empat kategori dasar: 1. Jadikan
produk Anda sebagai raja, 2. Jadikan para pelanggan Anda sebagai raja, 3.
Gemparkan dunia pemasaran, 4. Perbaiki para pemimpin dan rencana-rencana Anda.


Meskipun
buku ini lebih ditujukan bagi para manajer yang ingin belajar dari kesalahan
maupun kesuksesan Apple, semua penggemar Apple pun perlu membacanya.
The Apple Way adalah referensi wajib
untuk lebih mengenal dunia Apple.
Dalam
peluncurannya
di AvenueA/Soho Cilandak
Town Square, Dion Dewa Barata, Dosen Strategic Management Universitas
Pelita Harapan mengatakan bahwa sebagai perusahaan
berbasis teknologi, Apple berhasil memadukan keunggulan teknis dengan keindahan
seni dan mentransformasikan keduanya menjadi pengalaman emosional bagi
konsumennya. Faktor emosional inilah yang saat ini menjadi salah satu
keunggulan daya saing Apple, yang sulit untuk diduplikasi oleh para pesaingnya.
The
Apple Way sendiri bukanlah buku yang penuh dengan teori-teori
manajemen. Dan inilah yang membedakan
The
Apple Way dari buku-buku manajemen lainnya. Penulisnya, Jeffrey L.
Cruikshank memaparkan kasus-kasus riil di seputar kehidupan Apple Company dalam
setiap babnya dan kemudian menarik pelajaran-pelajaran yang bisa diambil dan
merangkumnya di akhir setiap bab.
Atau sebagaimana dijelaskan oleh
Raja Manahara, Penerbit Erlangga, “Buku
The Apple Way adalah buku yang mengupas secara detail perjalanan
kesuksesan dari perusahaan ‘supercool’ abad ini. Buku ini menceritakan Apple
Company sebagai perusahaan teknologi yang menitikberatkan investasi
perusahaannya ke dalam bidang R&D, di mana mereka berani mengambil risiko
dalam besarnya jumlah dana yang harus dikeluarkan untuk riset produk-produknya.
Pemilihan SDM dengan lulusan terbaik sangatlah penting bagi kesuksesan Apple,
namun yang lebih penting lagi dalam buku ini dikatakan…SDM dalam Apple harus
kreatif dan mampu berinovasi, demi mencapai penciptaan produk yang selalu
berbeda.

